Jumat, 13 Desember 2013

Mengembalikan Sinyal EVDO smartfren Andromax i

Setelah doyan nulis dan menjadi blogger, lalu mencoba menjadi programmer dengan mengoprek koding HTML, kini gw jadi tukang servis hp.

Begini Ceritanya...
once up on a time.. gw beli hape android murah tapi yahud dengan merk "anti lelet" (bukan anti lalet yak :D)
hape itu bisa dual on alias pake kartu GSM dan CDMA. cdma nya ya cuman bisa pake si provider "anti lelet". karena gw males pake yang cdma dan udah kadung cinta sama GSM, gw berniat mematikan akses cdma nya dan cuman make fasilitas gsm aja baik data atau internetnya.
gw pasanglah si radio swticher dan tweaker (aplikasi gratisan dari android play store). berhasilah di settingin sama temen IT gw (mas Moes namanya) dan sekarang hape anti lelet gw dengan kartu si merah aja yang aktif.


Singkat cerita (kalo ga disingkat bisa ga kelar ceritain perjalanan gw selama 6 bulan), karena masalah budget internet yang mahal (baca di sini : alasan ganti provider internet unlimited ) gw bermaksud menghidupkan kembali cdma smartfrennya.

dengan langkah ringan gw mampir ke counter HP, beli perdana smartfren yang murah aja nomer ga perlu cantik (orangnya udah cantik sih ihiiiiiyyy) gw udah berniat dalam hati "besok dikantor gw mo setting unlimited smartfren ah". Besoknya dengan semangat gw buka dan masukin kartu perdana smartfren yang baru tapi ko sinyalnya ga muncul - muncul ya? kemanakah kamu sinyaaaalll???
gw coba men-uninstall si radio switcher dan tweaker tetep ga berhasil, gw install lagi 2 aplikasi itu. jahanam sekali, siapa yang menculik sinyalkuuuu????? gimana caranya gw register ke 4444?

Sorenya gw coba pinjem hape suami gw yang notabene setipe sama punya gw, ternyata sim cardnya ke detect ko berarti bukan masalah dikartunya waduuuhhh.. segera deh gw registrasiin dulu ke 4444.
nah dikantor gw coba lagi ngoprek - ngoprek tapi tetep ga berhasil.
haaahhh udah hampir nyerah, mampirlah gw ke sebuah website yang gw dapet di mbah google cuma gw lupa apa namanya.. praktekin langsung ya

yang kita butuhin :
1. komputer / laptop
2. kabel data
3. aplikasi DFS, kalo belom ada bisa didownload di sini ya  (download di pc kamu ya) :
http://cdmatool.com/DownloadFiles/Application/Setup%20DFS%204.6.5.1.zip
Terus jalanin file .exe nya ikutin aja alur penginstallan nya


Setelah itu langkah pertama (lakukan di HP andromax i kamu) :
1. buka setting
2. pilih developer options


 
3. "usb debugging" di ceklist lalu pilih OK



maka akan muncul icon seperti ini :



4. colok kabel data, pilih ke "Data connection"
    maka di pc akan muncul ui. jika ada warning "please insert RUIM card" artinya sukses memasukin jalan yang benar ya di close aja gpp.

Langkah ke Dua (dilakuin di PC ya)

1. Jalankan aplikasi DFS di pc sampai terbuka


2. Klik Ports, maka akan muncul DFS Port Manager, dan pilih Hisense 1xEVDO diagnostics interface (COM.....) seperti gambar dibawah ini


3. Jika Berhasil maka maka di sebelah ports akan tertulis Hisense 1xEVDO diagnostics interface (COM.....), lalu klik SPC, dan klik  tab  programming lalu pilih tab NAM.







4. isi kotak - kotak dibawah. pastikan sama dengan angka2 yang tertera digambar. (Samain ya)





jika sudah klik tombol Reset di kanan atas. maka HP smartfren anda akan restart otomatis dan walaaahh keluar deh sinyal evdo nya,,

yeeeiiyyy, gw aja yang awam berhasil setting sendiri ga perlu ngerepotin orang deh..



sumber : https://sites.google.com/site/chrisdyansyah/android/andromax-i/caramengembalikansinyalcdmayanghilang








10 komentar:

  1. Salam kenal mba... itu screencapturenya pake aplikasi apa? Kan andromax ga ada screencapture bawaannya.. ak donlod app screencapture di app ga ada yg bs dipake.. tks.

    BalasHapus
  2. @yoanna : andromax bisa ko screen capture.. caranya : tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan sampai dia mengcapture.
    selamat mencoba :D

    BalasHapus
  3. waaa iya ternyata bisaaaa.. aku gaptek bangeeet hahaaa... makasih ya mba...

    BalasHapus
  4. mbaa punyaku blm dapat sinyal jg.. :( tolong bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang DFS (point 4) kamu isi sesuai yang digambar, angka2nya samain (harus sama persis)

      Hapus
  5. mba.. ga muncul Hisesnse1xEvdo Diagonistics Interface gmna dong..? udah pusing nih...mohon pencerahannya....

    BalasHapus
  6. Mba bsa mnta tolong bntu q ga...q mnta pin mba boleh??hp q um bnr2 jga gara2 .radio sweatcher

    BalasHapus
  7. mba masih g bsa juga udah ngikutin semua caranya

    BalasHapus
  8. gak bisa gan minta bantuannya dong

    BalasHapus
  9. Mbak mo tanya kok sinyal GSM nya gantian kagak bisa ya .. ?

    BalasHapus