Selasa, 23 Juni 2015

[Review] Aplikasi Juz 'Amma



Alhamdulillah masih diberi umur untuk ketemu lagi sama bulan suci Ramadhan. Buat umat muslim bulan ini disebut dengan bulan penuh rahmat, bulan dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, dimana segala kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya. Tidur saja kegiatan standard yang sering kita lakuin mendapat pahala, apalagi kita beribadah.

Ceritanya hari ini aku kepengin banget ngisi waktu luang buat tadarusan *baca Alquran* daripada bengong kan, ya, tetangga depan rumah ayamnya mati gara-gara kebanyakan bengong (apalagi bengong jorok). Namun apa daya aku lupa bawa Al-quran-nya.
Lantas saja kepikir buat install aplikasi Al-quran di smartphone. Buat apa pakai smartphone kalau cuma buat chat, main game sama foto-foto? Sesekali smartphone dipakai untuk hal yang bermanfaat oke juga kayaknya. 

Alhasil meluncurlah ke google play store, dan ketemulah dengan aplikasi Juz ‘Amma keluaran PT. Indonesia Kreatif Mandiri. Pasti pada ketawa, deh. “Ih, kok, kamu bacaannya masih Juz ‘Amma”. Elah, emang salah kalau aku baca Juz ‘Amma? Bukan berarti aku nggak bisa baca Al-quran, lho! Hehe.. Aku cuma mau ngulang ngehafal surat-surat pendek karena ada beberapa yang lupa. Supaya pas sholat bacanya bukan cuma surat An-Nas atau Al-Kautsar. Hihihi..

Google Play Store; @cindraprasasti
 Balik lagi ke si aplikasi Juz ‘Amma ini. Tampilannya persis dengan bentuk Juz ’Amma secara fisik (bukan aplikasi). Tulisannya bisa dibaca dengan baik untuk mata yang minus macam aku ini, harakat atau tanda bacanya pun bisa dilihat dengan baik. Font artinya juga sudah pas menurutku. Di sanapun disediakan fasilitas play audio. Jadi kita bisa membenarkan tajwid-nya jika ada kesalahan.

 
Tampilan surat; @cindraprasasti

Segala sesuatu pasti ada kekurangannya karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT *eciyeee* begitu juga aplikasi ini, dibalik kebaikannya masih ada kekurangannya. Misal saja, saat kita masuk ke menu, mata kita diuji. Kamu bakal ngerasain sedikit vertigo hihihi.. Gimana nggak, tulisan nama-nama suratnya berwarna putih dengan background warna biru langit. Jereng nggak tuh, bacanya! Selain itu, nggak ada fasilitas zoom in-out, jadi jangan harap kamu bisa memperbesar lagi tampilannya. Jadi buat kamu yang minus-nya ada silinder dan besar lagi silinder-nya, ya, terpaksa pakai loop alias kaca pembesar buat bacanya. Hihi.. maaf saya lebay!

Menu Aplikasi; @cindraprassti

 Nah, ada yang tertarik download aplikasinya? Datang langsung ke google play store kamu *kalau di apple store aku nggak ngerti* dan selamat ber-tadarus. Semoga puasa kamu lantjar, ya!


@cindraprasasti




16 komentar:

  1. Duh, jadi pengen ganti hape :(

    BalasHapus
  2. waaah... baru tahu kalau ada juz amma, padahal ya pakai android :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. rajin-rajin liat ke google play store aja, kak. hehehe.. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  3. wahh bagus nih, sekalian menghapal kembali surah2 pendek yaa...iya, tampilan warna birunya menyilaukan mata, bisa jadi masukan untuk pembuatnya nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ini baru namanya handphone pintar, ketika dia bisa diajak buat melakukan hal yang bermanfaat hehe..

      Hapus
  4. Wih, keren ada play audio-nya. Bisa nih jadi referensi kalo mau ngafalin surat pendek

    BalasHapus
  5. Audionya di download dulu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak. Pas kita download aplikasinya sudah termasuk sama audionya. Jadi udah bisa langsung di play

      Hapus